Senin, 10 Februari 2014

Menikmati Kopi dengan Suasana Kafe Pinggir Jalan Italia di Lucaffe


img

Jakarta - Pencinta kopi sejati tentunya tidak asing lagi dengan nama Lucaffe, produsen kopi asal Italia yang dikenal dengan produk-produk premiumnya. Awal berdiri pada 1996, Lucaffe hanya menyediakan kopi dalam bentuk pod yang disajikan dengan cara di-press menggunakan mesin. Selain kopi, Lucaffe juga menjual mesin-mesin pembuat minuman kopi untuk penggunaan di rumah, kafe maupun hotel.

Di dalam negeri sendiri, distribusi produk kopi berkualitas ini dipegang oleh PT Lucaffe Indonesia, yang berdiri sejak
2012. Jika awalnya hanya menyalurkan produk, kini Lucaffe juga memiliki cafe sendiri untuk memenuhi kebutuhan masyarakat perkotaan yang sudah makin 'sadar ngopi'.

Konsep coffee shop Lucaffe yang berada di Lantai 1 Pacific Place, Kawasan SCBD Sudirman, Jakarta Selatan dibuat cukup simple, pun tidak terlalu luas. Letaknya juga tidak di ruangan tertutup, tapi menempati selasar atau koridor di antara toko-toko di mal. Tapi jangan ragukan kenyamanannya, karena meskipun terletak di luar ruangan, Lucaffe memiliki space sendiri dengan bentuk letter 'L'.

Keunikan desain coffee shop ini terletak pada wallpaper yang ditempatkan di dinding, terletak di samping set meja kursi yang ditata memanjang. Wallpaper bergambar jendela dan trotoar ini membuat pengunjung merasa seperti minum kopi di pinggir jalan di Italia. Desain ini ingin 'mengantarkan' penikmat kopi ke suasana al fresco dining, resto dan cafe outdoor yang memang banyak ditemukan di negara tempat Menara Miring Pisa ini berdiri.

Interiornya didominasi material kayu dan palet abu-abu, dengan sentuhan merah menyala yang menghangatkan suasana. Anda bisa memilih duduk di kursi, atau sofa jika ingin lebih nyaman. Dari depan terlihat kesibukan para barista menyajikan minuman pesanan, sementara bagian belakang menjadi tempat chef membuat makanan. Casual dan akrab menjadi atmosfer yang kental dirasakan saat berada di sini.

Kopi, tentu saja jadi menu yang diunggulkan di coffee shop ini. Creme Caramel Brulee bisa menjadi pilihan bagi Anda yang menyukai citarasa kopi lebih ringan. Terdiri dari cappuccino, disajikan dengan foam tebal dari susu, dan caramelized sugar serta saus karamel di atasnya. Minuman ini lebih cocok dinikmati dalam keadaan panas agar perpaduan kopi dan karamel lebih terasa.

Jika ingin rasa yang sedikit unik, bisa memilih Blue Cafe yang merupakan kopi racikan Lucaffe sendiri dan menjadi salah satu produk unggulannya. Terdiri dari tiga macam kopi Arabica yang di-blend menjadi satu. Rasanya sedikit kompleks, ada perpaduan asam dan sedikit pahit. Tidak terlalu kuat, tapi juga tidak terlalu ringan. Anda bisa memesannya dalam bentuk espresso maupun latte.

Ada pula Marocchino, signature drink Lucaffe yang tidak akan ditemukan di coffee shop lain. Penyajiannya cukup unik, yaitu dibuat layering. Perpaduan single espresso di bagian bawah gelas, cokelat, foam, cokelat dan foam lagi di atasnya. Cara meminumnya harus diaduk terlebih dahulu, baru bisa dinikmati. Marocchino memiliki perpaduan rasa kopi dan cokelat yang nikmat, dengan rasa pahit yang ringan.

Untuk makanan, Lucaffe menyediakan masakan Italia otentik , tapi juga kuliner khas Asia untuk memenuhi selera orang Indonesia yang cenderung lebih suka masakan pedas atau kaya rempah. Untuk hidangan utama, Beef Lasagna patut dicoba. Pasta lebar dengan isian penuh daging serta white sauce dan keju yang meleleh di mulut. Ada pula pasta Aglio Olio untuk penyuka pasta dengan citarasa yang lebih ringan, serta Apple Pie dengan saus vla sebagai dessert. Harga minuman di Lucaffe mulai dari Rp 25 ribu, dan makanan dari Rp 35 ribuan.

1 komentar: